Hindari Macat, Lalulintas di Bandara Polonia Dibenahi

Medan, (Analisa)
Direktorat Lalu Lintas Poldasu mencari solusi kemacatan di Bundaran Bandara Polonis dengan gelar rapat bersama Dishub Sumut, Angkasa Pura, Dinas PU Sumut di aula Dit Lantas Jalan Putri Hijau Medan, Selasa (5/4).
Rapat membahas kemacatan di bundaran Bandara Polonia dipimpin Dir Lantas Poldasu Kombes Pol Drs. Bambang Sukamto, SH, MH dihadiri Kadis PU, Gunawan, Dishub Sumut, Suriono, Ir Herman Sinar, MM, manager teknik umum mekanikal dan peralatan Angkasa Pura, Kasat Lantas Polresta Medan Kompol I Made Ary Pradana, dan unsur terkait lainnya.
Kombes Bambang Sukamto menjelaskan, Bandara Polonia merupakan pintu gerbang Sumatera Utara pada umumnya dan khususnya Kota Medan, walaupun Bandara Polonia dalam waktu dekat akan dipindahkan ke Kuala Namu.
"Tapi sambil menunggu kepindahan ini kita tidak membiarkan kemacatan ini terjadi di Bundaran Bandara," tukasnya.
Dahulu, lanjutnya, Bandara Polonia tidak serapi sekarang dengan pola penerbangan yang banyak kemudian mempengaruhi arus lalulintas di Medan terutama di seputaran Bandara Polonia ini.
Jadi sambil menunggu pemindahan Bandara Polonia ini, pihaknya bekerjasama dengan Pemko Medan sudah berulang kali melakukan kordinasi tentang pembenahan jalur-jalur lalu lintas, mulai dari penataan trotoar, taman dan jalan dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan.
Tapi sesungguhnya ini pihaknya bersama pihak Angkasa Pura, Dishub, Dinas PU dan Sat Lantas bersama-sama bagaimana memikirkan kemacatan arus lalulintas di Bundaran Polonia sambil menunggu dipindahkan bandara ini.
Pembenahan
"Sehingga harus dilakukan pembenahan di seputaran Bundaran Polonia mulai dari sirkulasi arus lalulintas maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya," jelas Kombes Bambang.
Untuk itu, papar Kombes Bambang, untuk mengurangi kemacatan arus lalulintas di Bundaran Bandara Polonia, dua pintu gerbang masuk ke bandara akan dibuka.
"Sehingga mobil yang masuk ke bandara langsung mengambil karcis sehingga tidak ada antrian di belakangnya. Pembayaran karcis dikutip ketika mobil keluar," jelasnya.
Pintu keluar dari bandara juga akan dibuat dua. Satu mobil yang keluar langsung belok kiri menuju Jalan Mustang sedangkan satu lagi terus menuju ke Jalan Adi Sucipto atau Jalan Imam Bonjol Medan.
"Jadi mobil yang keluar dari pintu kiri menuju Jalan Mustang tidak boleh belok kanan, memotong" jelasnya.
Setelah ini dilakukan pelatihan-pelatihan maupun uji coba lalulintasnya sehingga diharapkan wajah awal Kota Medan dari Bandara Polonia bisa menunjukkan kesan yang baik sekaligus lalu lintas di seputaran ini baik dan tidak menimbulkan permasalahan lagi.
"Jadi sebelum Bandara Polonia ini dipindahkan, kita tetap melakukan penataan lalu lintas dengan baik," jelas mantan Kapoltabes Medan ini.
Kerjasama
Ini perlu kerjasama yang baik antara PT Angkasa Pura, Pemko Medan, Dinas PU, Dishub, Satlantas Polresta Medan, Ditlantas Poldasu.
"Sehingga satu persatu permasalahan lalulintas di Kota Medan bisa kita selesaikan. Walaupun kita tahu masyarakat belum sejalan dengan perkembangan ini," tukas Kombes Bambang Sukamto.
Sementara itu, Suriono dari Dishub Sumut mengatakan, setiap hari pihaknya melakukan penertiban terhadap penarik beca, taksi dan kendaraan yang parkir di lokasi.
"Setiap hari kita melakukan penertiban di bundaran Bandara Polonia bersama Sat Lantas Polresta Medan," jelas Suriono.
Mungkin lanjutnya, kira harapkan kesadaran dari masyarakat atau pengemudi bettor, taksi, jangan parkir di seputaran bundaran Bandara Polonia akan dibuat larangan parkir, stop dan dibuat traffick ligh.
"Kalau ini dipatuhi pemakai jalan sedikit menolong kelancaran arus lalulintas," jelasnya.
Sedangkan Ir Herman Sinar, MM, manager teknik umum mekanikal dan peralatan Angkasa Pura, bulan April ini akan dilakukan pengerjaannya.
"Dalam bulan ini pekerjaan kita mulai," tegasnya. (aru/rel)

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Koran Medan is proudly powered by Blogger